Assalamualikum, sobat blog kali ini saya akan menuliskan
terkait tentang prinsip-prinsip good coorporate governance. Yosh pasti para pembaca
saat ini udah nggak sabar kan mengenai pembahasan kita kali ini. Nah pertanyaan
yang tepat untuk mengawali pembahasan kali ini adalah apa saja sih yang
termasuk dalam prinsip-prinsip good coorporate governance itu dalam public
relation.
Berikut ini adalah hal-hal yang terkaait
dengan prinsip-prinsip good coorporate governance yakni sebagai berikut :
1.
Accountability
Maksud dari accountability adalah seorang public relation
harus bertanggung jawab atas setiap berita atau informasi yang diberikan baik
terhadap khalayak internal maupun eksternal organisasi/lembaga.
2.
Predictable, prospek mendatang secara tepat dan
rasional
Maksudnya ialah seorang public relation harus cerdas dan
mampu memprediksi hal-hal apa atau kemungkinan-kemungkinan seperti apa
saja yang akan terjadi kedepannya secara tepat dan dapat diterima akal
(rasional) sehingga mempunyai kesiapan dalam menghadapi setiap tantanngan
kedepannya.
3.
Transparancy
Maksudnya ialah seorang public reletion harus terbuka kepada
khalayak luas terkait dengan informasi-informasi dan opini-opini yang sedang
merebak dimasyarakat dan di dalam organisasi atau lembaga itu sendiri.
4.
Participation
Maksudnya adalah seorang PR mampu melibatkan seseorang atau
lebih terkait denngan informasi yang dimiliki agar lebih akurat sehinngga
informasi yang akan di berikan kemuadian sudah jalas arahnya.
Kedudukan Humas Dalam Organisasi
Diantara teman-teman yang masih awam terhadap PR pasti
beranggapan bahwa PR itu tugasnya hanya sbagai penghubung dalam memberikan informasi
saja. Wah, jangan salah sobat blogger ternyata seorang PR itu tugasnya tidak
hanya sebatas penghubung dalam pembarian informasi loh, malah cakupan PR dalam
dunia organisasi itu sangat luas. Nah untuk kali ini saya akan menuliskan
terkait dengan bagaimana sih kedudukan PR dalam organisasi ?.
Yah, langsung saja dibawah ini membahas terkait dengan Kedudukan
humas(PR) dalam organisasi yakni sebagai berikut :
1.
Menilai sikap masyarakat agar tercipta keserasia
antara public dan kebijakan organisasi.
2.
Memberikan dukungan ari luar terhadap citra
organisasi.
3.
Bagian integral yang tak dapat dipisahkan dalam
sebuah organisasi.
4.
Membantu melaui komunikasi dari dalam dan luar
agar terciptannya kerja sama dan saling pengertian antara organisasi dan
publiknya.
5.
Mengidentifikasi dan menanggapi opini publiknya
yang sesuai dan tak sesuai dengan kebijakan yang dilakukan organisasi.
6.
Memonitor dan memanfaatkan berbagai kesempatan
dan tantangan atau perubahan yang terjadi dimasyarakat.
Adapun beberapa karakter yang dimiliki oleh seorang PR yaitu
:
1.
Komunikasi dua arah
2.
Sifatnya yang terencana
3.
Orientasi pada organisasi
4.
Sasarannya publik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar