Sabtu, 10 Oktober 2015

prinsip, kedudukan, dan karakteristik PR

Assalamualikum, sobat blog kali ini saya akan menuliskan terkait tentang prinsip-prinsip good coorporate governance. Yosh pasti para pembaca saat ini udah nggak sabar kan mengenai pembahasan kita kali ini. Nah pertanyaan yang tepat untuk mengawali pembahasan kali ini adalah apa saja sih yang termasuk dalam prinsip-prinsip good coorporate governance itu dalam public relation.

Berikut ini adalah hal-hal yang terkaait dengan prinsip-prinsip good coorporate governance yakni sebagai berikut :

1.        Accountability

Maksud dari accountability adalah seorang public relation harus bertanggung jawab atas setiap berita atau informasi yang diberikan baik terhadap khalayak internal maupun eksternal organisasi/lembaga.

2.       Predictable, prospek mendatang secara tepat dan rasional

Maksudnya ialah seorang public relation harus cerdas dan mampu memprediksi hal-hal apa atau  kemungkinan-kemungkinan seperti apa saja yang akan terjadi kedepannya secara tepat dan dapat diterima akal (rasional) sehingga mempunyai kesiapan dalam menghadapi setiap tantanngan kedepannya.

3.        Transparancy

Maksudnya ialah seorang public reletion harus terbuka kepada khalayak luas terkait dengan informasi-informasi dan opini-opini yang sedang merebak dimasyarakat dan di dalam organisasi atau lembaga itu sendiri.

4.       Participation

Maksudnya adalah seorang PR mampu melibatkan seseorang atau lebih terkait denngan informasi yang dimiliki agar lebih akurat sehinngga informasi yang akan di berikan kemuadian sudah jalas arahnya.

Kedudukan Humas Dalam Organisasi

Diantara teman-teman yang masih awam terhadap PR pasti beranggapan bahwa PR itu tugasnya hanya sbagai penghubung dalam memberikan informasi saja. Wah, jangan salah sobat blogger ternyata seorang PR itu tugasnya tidak hanya sebatas penghubung dalam pembarian informasi loh, malah cakupan PR dalam dunia organisasi itu sangat luas. Nah untuk kali ini saya akan menuliskan terkait dengan bagaimana sih kedudukan PR dalam organisasi ?.

Yah, langsung saja dibawah ini membahas terkait dengan Kedudukan humas(PR) dalam organisasi yakni sebagai berikut :

1.        Menilai sikap masyarakat agar tercipta keserasia antara public dan kebijakan organisasi.
2.       Memberikan dukungan ari luar terhadap citra organisasi.
3.       Bagian integral yang tak dapat dipisahkan dalam sebuah organisasi.
4.       Membantu melaui komunikasi dari dalam dan luar agar terciptannya kerja sama dan saling pengertian antara organisasi dan publiknya.
5.       Mengidentifikasi dan menanggapi opini publiknya yang sesuai dan tak sesuai dengan kebijakan yang dilakukan organisasi.
6.       Memonitor dan memanfaatkan berbagai kesempatan dan tantangan atau perubahan yang terjadi dimasyarakat.

Adapun beberapa karakter yang dimiliki oleh seorang PR yaitu :

1.        Komunikasi dua arah
2.       Sifatnya yang terencana
3.       Orientasi pada organisasi
4.       Sasarannya publik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar